-->

Sudahkah Minta Maaf Untuk Diri Sendiri Hari Ini? | Sejelek-jeleknya Kamu Jangan Lupa Meminta Maaf Untuk Diri Sendiri. PENTING!!

    Selamat malam sobat Meayu Blog. Pada kesempatan hari ini meayu ingin menyampaikan sesuatu yang bermanfaat dalam hidup. Salah satunya tentang maaf dan memaafkan. Sudah lama banget meayu ingin bahas ini tentang ini. Kadang selama hidup sering sekali menyalahkan diri sendiri yang ternyata bukan diri sendiri yang salah. Mungkin seseorang pergi meninggalkan dan banyak lagi. Baik lanjut ke pembahasan yang sesungguhnya ya sobat.

Gambar by: greatmind.id/article/memaafkan-diri-sendiri 


    Sejatinya yang namanya penyesalan selalu datang di akhir. Banyak orang yang kesulitan berucap maaf kepada orang lain. bahkan ke diri sendiri juga begitu. Terkadang kita sendiri yang melakukan salah bahkan sudah menyakiti diri sendiri lalai untuk meminta maaf. Tapi, asal kalian mengetahui saja kalau sebetulnya maaf memaafkan itu sama halnya dengan kemampuan kita untuk melakukan refleksi, meningkatkan kesadaean dan pengerahuan.
     Bagaimana sih cara minta maaf dan memaafkan itu? terutama bisa memaafkan diri sendiri dan untuk kedepannya bisa menjadi baik lagi. Untuk itu, kalian harus melihat kembali dan pahami kesalahan apa yang sudah di lakukan sebelumnya. Di bawah ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk memaafkan diri sendiri.

1. Sisi baik dari berbagai hal terutama kesalahan diri sendiri

     Hal baik yang positif pada diri sendiri bisa di ambil dari tiap peristiwa. Misalnya kegagalan dan kesalahan yang harusnya menjadi cambuk bahkan bisa memotivasi diri sendiri supaya bisa bertumbuh, berpikir dewasa dan memahami arti hidup supaya lebih baik lagi. Coba saat ini kamu renungkan kesalahanmu. Ambil sisi baiknya dan ucapkan maaf kepada diri sendiri.

Gambar by simulasikredit.com

2. Temukan bagaimana cara mengampuni diri sendiri

    Kamu biasanya sering merasa bersalah atau merasa kurang bertanggung jawab atas sesuatu yang telah terjadi, dan itu membuat kamu sangat sulit untuk memaafkan diri sendiri. Sesuatu hal yang menyakitkan hati dan pikiran akan membutuhkan waktu untuk bisa mengatasi situasi itu. Dan tiap orang pasti berbeda. Solusinya yaitu yakin dan tunjukkan pada diri sendiri kalau kamu ini bisa mengubah dan memperbaiki situasi yang buruk runyam menyakitkan itu. Supaya bisa lebih mudah untuk bisa memaafkan diri sendiri.

Gambar by philosophy.graflit.com


3. Cintai dirimu sendiri di atas segalanya

    Bisa jadi kamu tidak bisa memaafkan kesalahan diri sendiri karena kamu sendiri tidak cinta kepada dirimu sendiri. Lantaran kamu sering mengkritik diri sendiri jauh lebih jelek daripada orang lain. Padahal sejatinya kamu itu tidak seburuk yang kamu kira. Cintailah dirimu sehingga kamu akan mudah membuka pintu maaf bagi diri sendiri.

 Gambar by sepositif.com

4, Fokus dan pikirkan masa depan

    Jika hidupmu di penuhi rasa perasaan menyesal mendalam bisa jadi hidupmu terjebak di zona itu. Ada faktor yang bikin hidupmu seperti mengalami stuck karena pikiranmu tidak mau maju. Itu akan menjadi hambatan yang mengganjal jadi seorang pemaaf untuk diri sendiri. Oleh karena itu, cobalah untuk melepaskan beban penyesalan dengan merencanakan dan fokus menentukan tujuan hidup. Tinggalkan masa lalu yang tidak terlalu penting dan fokus berpikir ke depan

 Gambar by id.pinterest.com

5. Mulai dari nol lebih baik daripada tidak sama sekali

    Memulai semuanya dari awal untuk bisa memaafkan diri sendiri merupakan yang terbaik meskipun itu berat. Tapi, kamu harus mencoba untuk meninggalkan rasa sakit yang dialami dan melangkah maju, Ambil kesalahan. Anggap diri sendiri sebagai pelajaran dan terapkan hal tersebut pada sikap yang baru.

 Gambar by depok-bisnis-info.com

6. Bertumbuh secara spiritual


    Tingkatkan keimanan dan taqwa kepada Yang Maha Esa, dengan cara melakukan kewajiban dan menjauhi bahkan meninggalkan larangan-Nya. Mencoba melakukan beberapa aktivitas spiritual seperti bermeditasi berdoa, mengikuti ritual dan konsultasi ke orang yang kamu percaya. menurut aku sih lebih baik ke spikolog.

Gambar by nesabamedia.com

7. Menghargai hidupmu sendiri mulai sekarang

     Dengan selalu bersyukur. Brsyukur di beri badan yang sehat dan anugerah terindah sepanjang hari. Coba deh kamu hindari kesedihan dan kecemasan di masa lalu yang kadang lupa akan syukur. Nikmati harimu semaksimal mungkin. hempaskan apapun itu yang bikin hidupmu dipenuhi rasa bersalah.

Gambar by id.pinterest.com


      Mungkin itu saja sedikit ulasan yang bisa aku sampaikan. Walaupun memaafkan sendiri bukan hal yang mudah. Tapi, tidak ada salahnya untuk melatih diri sendiri untuk memaafkan mulai sekarang. Teruntukmu yang membaca postingan aku kali ini. Semangat bangkit!!. Semoga sukses untuk proses memaafakan diri sendiri. Sejelek-jeleknya kamu jangan lupa untuk minta maaf kepada diri sendiri.

   
   

0 Response to "Sudahkah Minta Maaf Untuk Diri Sendiri Hari Ini? | Sejelek-jeleknya Kamu Jangan Lupa Meminta Maaf Untuk Diri Sendiri. PENTING!!"

Post a Comment

Mohon Berkomentar Yang Bijak dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel