-->

7 Langkah Jitu dan Menyenangkan Untuk Belajar yang Efektif dan Efisien Selama di Rumah

   Selamat malam Meayu Blog. Ini blog berisi tentang catatan pribadi dan aku usahakan apa saja yang kalian cari itu ada. Terutama tentang masalah hidup kamu. Mulai dari proses belajar di dunia sekolah, kuliah bahkan kehidupan keluarga dan diluar. Sudah lama banget ingin membahas tentang belajar yang efektif. Ini bakal aku jelaskan apa saja yang aku lakukan untuk bisa belajar yang efektif dan efisien. Oke langsung saja ke topik yang dibahas disini.

Cara Belajar yang Menyenangkan Penuh Semangat Selama Di Rumah



    Bagi mahasiswa dan siswa sekolah belajar adalah salah satu aktivitas yang wajib sekali di lakukan karena belajar itu menjadi kewajiban sebagai pelajar. Selama pandemi siswa dan mahasiswa belajar di rumah saja dengan sistem daring maksudnya adalah tatap muka hanya lewat online saja. Platform yang digunakan antara lain microsoft meeting, zoom, webex dan sebagaimana. Kebanyakan para siswa dan mahasiswa akan bosan, karena menurut mereka kurang efektif dan efisien. Pada pembahasan kali ini saya akan kasih tau ke kalian tentang tips dan trik bagaimana cara belajar yang menyenangkan selama di rumah dengan 7 langkah jitu di bawah ini.


1. Bikin suasana belajar yang nyaman



    Cocok buat kalian yang sekarang sedang bingung bagaimana bikin suasana menjadi nyaman. Pada dasarnya sesuatu yang nyaman itu berasal dari dalam diri sendiri. Seperti yang pertama adalah mencintai diri kalian dulu, memaafkan apa kesalahan, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri selalu ingat apa yang kamu mimpikan. Pasti ketika memulai belajar kamu akan nyaman. Setelah itu coba ciptakan belajar yang nyaman. Seperti ada meja khusus untuk belajar, renovasi dan bikin tempat itu semenarik mungkin, usahakan ada papan buat tempel-tempel impianmu (dream board). Wajib coba untuk kamu yang ingin belajar menyenangkan di rumah

2. Bikin jadwal (to do list harian,bulanan,tahunan)



    Setiap siswa atau mahasiswa wajib membuat jadwal atau to do list untuk menghindari stalker-stalker tidak jelas dan 24 jam yang kamu punya bermanfaat. Untuk memulai bikin jadwal ini pastikan niat kamu 100% gak setengah-setengah biar kesuksesan bisa semakin dekat. Kenapa kok bisa sukses? Karena jika waktu kamu terjadwal. Kamu tidak akan yang namanya bingung. Bingung memikirkan ini dan itu. Orang kalau bingung kebanyakan tidak membuat jadwal sebelumnya. Dan kebanyakan waktunya hanya untuk stalker apalagi waktu selesai kelas daring. Kamu yang sekarang lagi belajar di rumah saja wajib kalian waspada. Karena bisa jadi waktu yang terasa banyak itu sangat membunuhmu. Membunuh otakmu kalau tidak di atur sedemikian dengan kewaspadaan. Ayo untuk kamu yang sudah memiliki niat dan sudah menyiapkan tempat untuk belajar yang nyaman bikinlah to do list. Because to do list make you success before 30 years old.

3. Membaca apa yang akan di kerjakan



   Saat memulai belajar di rumah dengan menyenangkan, usahakan sebelum memulai daring dan perkiraan guru/dosen akan jelaskan baca materinya walau sekilas. Ini akan bisa bikin belajarmu enak dan gampang nangkap saat guru/dosen menjelaskan. Rasakan bedanya ketika kamu memulai pelajaran pas daring tanpa membaca sama waktu kamu sudah membaca.

4. Merangkum saat mendengarkan penjelasan guru / dosen.



   Ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan pada saat guru/dosen menjelaskan. Supaya ketika ada soal-soal yang diberikan saat daring. Kamu akan sedikit terbantu dengan apa saja yang sudah kamu tulis. Jangan ragu untuk merangkumnya. Langsung dirangkum saja. Nikmati saja.

5. Harus di paksa dan ingat cita-cita

 


   Katanya bikin belajar menyenangkan tapi, kok berat banget caranya? hayo kamu yang sedang mengeluh sekarang. Kalau kamu ingin seneng, yang di lakukan sesudah niat adalah memaksakan diri untuk melakukan itu. untuk kita mencapai tujuan rasanya tidak enak banget. Tapi, dari gak enaknya pas di lakukan itu nantinya akan timbul rasa nyamannya.

6. Zona nyaman adalah zona kehancuran


   Zona nyaman bisa menghancurkanmu. Maka cepet-cepet keluar dari zona itu. Jangan sampai waktumu terbuang sia-sia dan nantinya nilai ujian, raport pas-pasan. Tau gak sih yang bikin pas-pasan nilainya itu kita sendiri bukan guru/dosen. Guru/dosen itu hanya fasilitas saja. Semua yang menentukan kamu sendiri. Jadi keluarlah dari zona nyaman dengan tujuan untuk menjadi baik lagi. Baik kamu sedang sekolah maupun kuliah. Malah sebenarnya daring itu lebih enak khusus untuk kalian yang malu-malu sama dosen bahkan takut ini itu sama dosen. Tapi menurutku enak sekolah / kuliah offline bikin gampang memahami.

7. Mehamani apa yang dipelajari dan konsisten


   Setelah kamu melakukan keseuruhan. Coba pahami apa yang sudah di pelajari. Setiap hari lakukan keseluruhan selama satu bulan bahkan dua bulan. Pastinya ada aja perubahannya. Aku yakin yang di dapat lebih baik lagi bukan makin buruk. Jujur saja dengan kalian melakukannya dan tanpa privat / les mapel pelajaran yang gak kamu bisa lalu kamu melakukan apa yang sudah saya bahas sebelumnya. Pasti kamu menjadi siswa / mahasiswa yang pandai. Lakukan keseluruhan dengan konsisten. Untuk hasilnya bisa serahkan kepada Allah. Dialah yang sudah memberi nafas yang sehat setiap hari.

Kesimpulan yang bisa di ambil.


   Dengan kamu melakukan langkah jitu yang saya shared. Keberhasilan hanya kepada orang yang mau, kerja keras dan konsisten. Walau keluar dari zona nyaman itu hal yang paling tidak enak. Tapi, percayalah kalau seiring berjalannya waktu akan menjadi sesuatu yang sangat super. Ketika berhasil dan sukses disitulah kita boleh beristirahat dengan banyak dan upgrade mimpi lagi.

  Terimakasih untuk kalian yang sudah baca postingan saya. Kritik dan sarannya langsung komentar saja. Semoga sehat dan sukses selalu.

0 Response to "7 Langkah Jitu dan Menyenangkan Untuk Belajar yang Efektif dan Efisien Selama di Rumah"

Post a Comment

Mohon Berkomentar Yang Bijak dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel